Pages

Selasa, 20 Desember 2011

SELASIH

   
 


    Tumbuhan yang satu ini, sangat bermanfaat dalam mengatasi panas dalam, selasih mungkin disetiap daerah-daerah bermacam-macam dalam sebutanya misalnya ditempat Saya menyebut nya selasih. Tumbuhan yang termasuk langkah ini sebaiknya dibudidayakan, karena khasiat nya sangat cepat dalam mengatasi panas dalam. Pengalaman saya bulan puasa kemarin, tenggorokan saya terasa sakit, pada saat itu juga saya terpikir untuk memetik tumbuhan selasih tersebut karena sebelumnya saya sudah tahu selasih dan manfaatnya. Setelah saya petik dengan tangkai beserta bunga selasih yang berisi biji-biji kecil.

    Biji-biji yang terdapat dibunga inilah yang saya gunakan untuk mengobati panas dalam. Pada saat memetik tangkai bunga selasih yang berisi biji berwarna cokelat kehitaman itu menandakan bijinya sudah siap untuk diolah. Cara menggunakannya bersihkan bunga dari tangkai selasih, gosok menggunakan kedua telapak tangan ambil biji yang sudah terpisah, setelah itu biji selasih tadi dijemur di teriknya sinar matahari. Setelah satu jam  bijinya ditiriskan ke dalam gelas yang berisi air panas bisa juga menambahkan sedikit gula. Pada saat meminum bijinya terasa kenyal adem ditenggorakan, alhamdulilah setelah minum segelas selasih keesokannya tenggorokan ku sudah sembuh. *_*


sumber gambar :

http://keluargaprasasti.wordpress.com

http://www.blogsehat.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger